Terms and Conditions

DEFINISI

Bina Payment adalah aplikasi pembayaran dan/atau pembelian berbagai layanan Biller secara elektronik dengan menggunakan Uang Elektronik/Saldo Bina Payment.

PT Bimasakti Multi Sinergi adalah penerbit uang elektronik Bina Payment, serta pemegang hak milik dan pengelola sistem pembayaran elektronik Aplikasi Bina Payment.

Pengguna Bina Payment adalah orang perorangan atau badan hukum, dan telah melakukan registrasi akun Bina Payment melalui aplikasi Bina Payment yang telah di Download melalui Google Play Store dan/atau melalui website Bina Payment dan/atau melalui aplikasi Whatsapp.

PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang wajib digunakan Pengguna Bina Payment setiap kali melakukan Transaksi pada Aplikasi/Akun Bina Payment miliknya.

Top Up Saldo adalah aktivitas menambah/memasukkan/mengisi deposit Uang Elektronik/Saldo Bina Payment pada Aplikasi/Akun Bina Payment  melalui beberapa metode antara lain, transfer bank, transfer sesama Pengguna Bina Payment , transfer melalui Virtual Account (VA), top up via gerai ritel (minimarket), atau pun melalui media lain yang disediakan PT Bimasakti Multi Sinergi.

Virtual Account adalah nomor identifikasi Pengguna Bina Payment  yang dibuka oleh Bank pada saat mendaftar layanan Bina Payment , untuk dipergunakan Top Up Uang Elektronik/Saldo Bina Payment  pada Aplikasi/Akun Bina Payment.

Broadcast Message adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dikirimkan oleh sistem Bina Payment  secara otomatis ke Pengguna Bina Payment  yang hanya memuat penawaran - penawaran promo dan iklan berikut link Saluran Resmi Bina Payment  (website resmi Bina Payment ), tanpa memuat permintaan data pribadi dan data login (Nomor handphone, PIN dan OTP) aplikasi milik pengguna Bina Payment.

Saluran Resmi Bina Payment  adalah Infrastruktur milik PT Bimasakti Multi Sinergi yang terpusat untuk menerima permintaan dan media dalam memberikan pelayanan informasi produk Bina Payment  serta layanan pengaduan berupa :

Call Center : 0823-6106-8570

Email : info@ binapayment .com

Live Chat : Aplikasi Bina Payment

Website : www.binapayment.com

Transaksi adalah transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Bina Payment  menggunakan Akun Bina Payment  miliknya antara lain : Pembayaran, Transfer dan Tarik Tunai, Pendaftaran Merchant QRIS, TOP-UP E-money, Pembayaran Tagihan Bulanan (manual/auto debit), Pembelian pulsa, Paket Data & Voucher Game, Pembelian Tiket Transportasi, Pengiriman Barang, Penjualan Barang dan transaksi lain sesuai Ketentuan Penggunaan Aplikasi Bina Payment  yang diatur dalam Terms & Conditions ini.

Ketentuan Penggunaan adalah Ketentuan Penggunaan Aplikasi Bina Payment  milik PT Bimasakti Multi Sinergi yang diatur selanjutnya dalam Terms & Conditions ini.

REGISTRASI BINA PAYMENT

Setiap orang dapat mendaftarkan diri menjadi Pengguna Bina Payment  dapat memperoleh Akun Bina Payment  dengan cara mengunduh (download) aplikasi Bina Payment  melalui google playstore menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android, melalui Website Resmi Bina Payment  atau Whatsapp, kemudian melakukan registrasi dengan memasukkan data yang diperlukan seperti nama, nomor handphone, dan alamat email pada aplikasi Pengguna Bina Payment.

Registrasi Akun Bina Payment  hanya dapat dilakukan melalui Saluran Resmi Bina Payment  sebagaimana dimaksud poin 1. Registrasi yang dilakukan diluar Saluran Resmi Bina Payment  bukan merupakan tanggung jawab PT Bimasakti Multi Sinergi.

Untuk menggunakan fitur payment pada Aplikasi Bina Payment , Pengguna Bina Payment  harus terlebih dahulu melakukan Top Up Uang Elektronik/Saldo Bina Payment  pada Aplikasi/Akun Bina Payment , melalui transfer ke rekening bank yang tampil pada aplikasi, transfer sesama Pengguna Bina Payment , Virtual Account (VA), top up via gerai ritel (minimarket) atau sarana pembayaran lain yang ditentukan oleh Bina Payment.

KETENTUAN PENGGUNAAN

Pengguna Bina Payment  wajib mendaftarkan dan menggunakan nomor ponsel milik sendiri, dan Segala akibat yang timbul karena didaftarkannya nomor ponsel milik pihak lain menjadi tanggung jawab Pengguna Bina Payment  sepenuhnya.

Setiap Pengguna Bina Payment  dapat melakukan penggantian nomor ponsel yang terdaftar pada akun Bina Payment  miliknya dengan tata cara sebagaimana yang telah diatur dalam Standar Operasional Prosedur Bina Payment  yang disampaikan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi kepada Pengguna Bina Payment  melalui Saluran Resmi Bina Payment .
Penggantian nomor ponsel hanya dapat dilakukan setelah PT Bimasakti Multi Sinergi melakukan proses verifikasi terhadap data - data pemohon, dan apabila PT Bimasakti Multi Sinergi menemukan ketidaksesuaian data yang diperlukan terkait dengan penggantian nomor ponsel, maka PT Bimasakti Multi Sinergi berhak menolak permohonan tersebut.

Segala permohonan, verifikasi dan persetujuan penggantian nomor ponsel hanya boleh dilakukan melalui Saluran Resmi Bina Payment.

Pengguna Bina Payment  bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan nomor ponsel yang terdaftar dan segala aktivitas transaksi pada akun Bina Payment  miliknya.
Pengguna Bina Payment  wajib melakukan peningkatan versi (update) aplikasi Bina Payment .
Setiap kegagalan transaksi dan/atau kegagalan fungsi fitur dan/atau kerentanan keamanan akun member Bina Payment  yang timbul atas penggunaan aplikasi yang belum dilakukan peningkatan versi aplikasi (update) bukan merupakan tanggung jawab PT Bimasakti Multi Sinergi

PT Bimasakti Multi Sinergi dan segala pihak yang terafiliasi dengannya tidak pernah mengirimkan permintaan PIN dan/atau OTP milik Pengguna Bina Payment  baik secara tertulis maupun secara lisan baik melalui Saluran Resmi Bina Payment  atau media lain.

Pengguna Bina Payment  wajib menjaga kerahasiaan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan PIN dan OTP miliknya.

Pengguna Bina Payment  akan dikenakan biaya pengiriman SMS untuk setiap transaksi yang memerlukan SMS seperti proses registrasi dan verifikasi, dengan besaran biaya SMS sesuai dengan ketentuan masing - masing Operator Seluler.

Dalam hal Pengguna Bina Payment  kehilangan akses ke akun Bina Payment  miliknya, maka Pengguna Bina Payment  wajib mengajukan pengaduan PT Bimasakti Multi Sinergi melalui Saluran Resmi Bina Payment  dan akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran oleh PT Bimasakti Multi Sinergi terhadap akun Bina Payment  miliknya.
Atas pengaduan yang diajukan, Pengguna Bina Payment  berhak mendapat tanda terima pengaduan dan informasi tindak lanjut atas pengaduan tersebut dari Saluran Resmi Bina Payment  ke email Pengguna.
Pemblokiran tersebut akan tetap dilakukan hingga PT Bimasakti Multi Sinergi menerima pengajuan pembukaan pemblokiran atas akun Bina Payment  melalui Saluran Resmi Bina Payment  dan telah melalui proses verifikasi ulang.

Setiap Transaksi yang dilakukan pada Akun Bina Payment  menjadi tanggung jawab Pengguna Bina Payment  sepenuhnya, sepanjang PT Bimasakti Multi Sinergi belum menerima laporan dari Pengguna Bina Payment  sebagaimana dimaksud pada poin 11 (sebelas).

Dalam hal terjadi perbedaan antara Laporan Transaksi dan Laporan Mutasi pada Aplikasi Bina Payment  miliknya, maka yang menjadi acuan transaksi adalah Laporan Mutasi.

Pengguna Bina Payment  wajib melakukan Verifikasi dalam terjadi perbedaan sebagaimana disebutkan pada poin 14 dengan cara menghubungi Saluran Resmi Bina Payment.

PT Bimasakti Multi Sinergi berhak melakukan koreksi atas Uang Elektronik/Saldo Bina Payment  pada Aplikasi/Akun Bina Payment  jika terjadi kesalahan posting (pencatatan).

Pengguna Bina Payment  dapat mengajukan permohonan penutupan akun Bina Payment  miliknya melalui Saluran Resmi Bina Payment  dan PT Bimasakti Multi Sinergi berhak mengabulkan atau menolak permohonan tersebut berdasarkan hasil verifikasi. Selama PT Bimasakti Multi Sinergi tidak/belum menerima permohonan penutupan akun Bina Payment  dari Pengguna, maka segala transaksi yang terjadi atas akun tersebut menjadi tanggung jawab Pengguna Bina Payment  sepenuhnya.

PT Bimasakti Multi Sinergi akan mengembalikan sisa Uang Elektronik/Saldo Bina Payment  pada Aplikasi/Akun Bina Payment  yang permohonan penutupannya telah dikabulkan ke nomor rekening yang ditunjuk oleh pemilik akun selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja.

Pengguna Bina Payment  menyetujui dan memberikan hak kepada PT Bimasakti Multi Sinergi untuk menyimpan dan menggunakan data yang melekat pada atau ditransmisikan oleh ponsel dan/atau yang digunakan Pengguna Bina Payment  serta berhak untuk menginformasikan nama, ID Akun Bina Payment , dan/atau data Transaksi Pengguna Bina Payment  kepada pihak lain yang terkait dengan Transaksi yang dilakukan oleh Pengguna Bina Payment .
Sehubungan dengan penggunaan Bina Payment , Pengguna Bina Payment  dilarang melakukan tindakan-tindakan; yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku; tindakan penipuan (fraud), penggelapan, pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, pembayaran atas barang dan/atau jasa ilegal, kegiatan prostitusi, atau pornografi/pornoaksi, perjudian, atau tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun, tindakan yang merugikan atau dapat menyebabkan kerugian kepada Kami, yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, atau dilakukan secara palsu, atau fiktif untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

PT Bimasakti Multi Sinergi tidak bertanggung jawab dan dibebaskan atas konsekuensi yang timbul akibat dari: kelalaian atau kesalahan Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan atas data dan/atau informasi Anda, pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang mengumpulkan dan/atau menyimpan data dan/atau informasi Anda bukan untuk kepentingan Kami atau bukan karena permintaan Kami; dan/atau pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang bukan disebabkan secara langsung oleh; kelalaian atau kesalahan Kami dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi Anda, atau insiden keamanan kebocoran data dari sisi Kami; dan/atau larangan-larangan sebagaimana dijelaskan dalam point 21 diatas.

Dengan membuka dan menggunakan Bina Payment , maka Pengguna Bina Payment  tunduk dan menyetujui Ketentuan ini dan ketentuan lainnya yang mengatur mengenai Transaksi. PT Bimasakti Multi Sinergi berhak untuk mengubah Ketentuan ini dan ketentuan terkait Transaksi yang akan diberitahukan oleh PT Bimasakti Multi Sinergi dalam bentuk dan melalui sarana apapun sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

PENANGANAN KELUHAN (PENGADUAN)

Keluhan/pengaduan kepada PT Bimasakti Multi Sinergi terkait Aplikasi Bina Payment  hanya dapat diajukan oleh Pengguna Bina Payment  melalui Saluran Resmi Bina Payment  milik PT Bimasakti Multi Sinergi sebagaimana yang tertera dalam ketentuan ini, dan untuk penanganan keluhan/pengaduan tersebut, PT Bimasakti Multi Sinergi berhak meminta Pengguna Bina Payment  untuk menyerahkan fotokopi identitas diri Pengguna Bina Payment  dan dokumen pendukung lainnya.

PT Bimasakti Multi Sinergi akan menanggapi keluhan Pengguna Bina Payment  sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

PENYELESAIAN SENGKETA

Pengguna Bina Payment  setuju bahwa setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul dari dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Ketentuan ini antara Pengguna Bina Payment  dengan PT Bimasakti Multi Sinergi akan diselesaikan dengan cara musyawarah.

Setiap perselisihan atau perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan, baik secara musyawarah dan/atau mediasi sebagaimana dimaksud dalam butir 1 di atas, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Sidoarjo, dengan tidak mengurangi hak PT Bimasakti Multi Sinergi untuk mengajukan gugatan atau tuntutan melalui Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
 
Bagikan :